Meningkatkan Performa Penyimpanan Dan Akses Data Dengan Disk Write Chaching

NaranuaPada dasarnya; setiap komputer memiliki fitur Disk Write Caching yang berfungsi memberikan operasi tambahan pada kerja cache yang akan menyimpan file data yang akan dipindahkan atau ditulis ke lokasi atau perangkat penyimpanan lain.

Meningkatkan Performa Penyimpanan


Meningkatkan Performa Penyimpanan Dan Akses Data - Ketika file selesai ditulis maka sistem akan memberi ijin untuk menghapus file data yang disimpan pada cache tadi. Dengan demikian proses penulisan file data saat pemindahan tidak akan menambah beban kerja bagi harddisk. Ada dua cara menagktifak fitur Disk Write Caching yaitu melalui Windows Explorer dan melalui Device Manager.


Meningkatkan Performa Penyimpanan Dan Akses Data Dengan Disk Write Chaching
Disk Write Chaching
Cara pertama dengan menggunakan Windows Explorer dilakukan dengan memilih salah satu partisi harddisk dan memilih tab properties, kemudian pilih tab hardware dan kembali pilih tab properties untuk memilih menu Policies dan mencentang kotak pada pilihan Enable write caching on this device dan klik OK untuk mengakhiri pengaturan.

Pengaturan melalui Device Manager dilakukan dengan membuka pilihan Disk Drives dan klik kanan untuk memilih tab properties, kemudian pilih tab Policies untuk menemukan pilihan Enable write chaching on the device.

Centang pilihan tersebut dan klik OK untuk mengaktifkan fitur Disk Write Chaching. Pilihan mengaktifkan fitur ini dapat dilakukan ketika performa komputer atau laptop menurun karena kinerja harddisk yang terlalu berat ataupun telah menurun kemampuannya karena dimakan usia.

Jangan lewatkan juga artikel atau tips menarik tentang  Tips Mengatasi Masalah Sering Terjadi Hang Atau Not Responding
 
Back To Top